Langsung ke konten utama

Ekspresi CINTA ANAK-ANAK KITA

Ekspresi
CINTA ANAK-ANAK KITA

Dalam perjalanan pulang dari menghadiri acara pernikahan, Aufa anak lelaki saya yang berusia 8 tahun bertanya, “Bunda, kenapa orang itu harus menikah?”

Saya tidak tahu mengapa pertanyaan itu tiba-tiba muncul. Saya pun memberi argumen dengan bahasa anak. Aufa paham. Lanjutnya, “Tapi besok aku nggak usah menikah ya, Nda.”

Saya terheran-heran. “Aku pengen tinggal sama Bunda terus. Aku nggak mau pisah. Nanti kalau aku sudah kerja, aku mau buatin Bunda rumah yang bagus. Kalau mau pergi-pergi nanti aku yang bawa mobil. Aku anter Bunda ke kampus, ke mana-mana.”

Jawaban yang tak saya duga. “Baik Bener Aufa sama Bunda. Terima kasih ya.”

Kata Aufa lagi, “Aku kan sayang Bunda.”

Setiap anak punya cara berbeda untuk mengekspresikan cinta. Orang tua menjadi faktor penting dalam hal ini. Suatu hari seseorang bilang ke saya kalau anaknya cuek sehingga ia tidak tahu sebenarnya anaknya itu sayang atau tidak sama orang tuanya. Dia sangat berharap anaknya bisa mengungkapkan cinta dan sayang secara verbal. Tanya saya, pernahkah beliau mengungkapkan cinta pada anak secara verbal. Ia menggeleng. Itulah jawabannya. Anak-anak akan memfotocopy cara orang tua mengekspresikan cinta pada anaknya.

Setiap anak juga memiliki kesan dan cinta yang berbeda-beda pada orang tuanya. Kesan yang muncul pada setiap anak ditentukan oleh banyak hal, di antaranya sikap dan perlakuan orang tua padanya.

Setiap saat anak-anak kita berdoa, allaahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa, ya Allah ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Itulah doa yang bijak dari anak-anak. Permintaannya pada Allah agar Allah menyayangi kedua orang tuanya sebagaimana mereka menyayanginya di waktu kecil. Kata “sebagaimana” mengisyaratkan makna pas, tidak lebih dan tidak kurang.

Cinta Allah dan anak pada orang tua akan sebanding dengan apa yang telah diberikannya kepada anak-anaknya. Kalau kita hanya memberi sekilo, jangan berharap Allah dan anak memberi kita dua kilo. Kalau kita memberi berton-ton, barulah kita pantas berharap Allah dan anak akan memberi cinta yang berlimpah untuk kita. Wallahu alam bish shawab

20.06.2015
Kusmarwanti M. Idham
������������������

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKOKOHLAH BAHTERAMU

🌹Ramadhan ke-7 PERKOKOHLAH BAHTERAMU, KARENA SAMUDRA ITU DALAM 🍃🌾Rasulullah pernah berpesan pada Abu Dzar tentang tiga hal. Kata Rasul, “Wahai Abu Dzar, perkokohlah bahteramu, karena samudra itu dalam. Perbanyaklah bekalmu karena perjalanan itu panjang. Ikhlaskanlah amalmu, karena pengintaimu sangat jeli.” ⛵️⛵️Pertama, perkokohlah bahteramu karena samudra itu dalam. Dalamnya samudra itu mengandung resiko. Jika tenggelam, kita bisa mati. Samudra yang dalam itu juga penuh rahasia. Kita tidak pernah tahu ada apa saja di dalamnya. Karang yang besar atau ikan yang buas, sewaktu-waktu bisa mencelakai kita. Karena itu, pengarung samudra yang dalam memerlukan bahtera yang kuat, yang bisa melindungi penumpangnya dari resiko tersebut. ⛵️⛵️Inilah analogi hidup manusia. Hidup manusia di dunia ibarat hidup di tengah samudra yang dalam tersebut. Mempersiapkan bahtera yang kuat berarti mempersiapkan segala hal yang bisa membuatnya bertahan dan mudah mencapai tujuan hidupnya, yaitu akhirat. Tan

Jangan Marah, Ya!

Jangan Marah, Ya! Sebuah Naskah Pidato Singkat untuk siswa MI Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Pertama, Marilah kita berterima kasih kepada Allah Yaitu dengan membaca Hamdalah. Alhamdu.....lillah. Terima kasih Ya. A....llah. Telah kau beri kami A....kal. Sehingga kami dapat bela...jar. Bukan kurang a... jar. Alhamdu....lillah. Kedua, Mari kita membaca sholawat. Allahumma Sholli Ala Muhammad! Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Siapakah yang ingin masuk surga? Ya. Kita semua, pasti, ingin masuk surga. LA TAGHDHOB WALAKAL JANNAH Janganlah marah, maka kamu akan masuk sur...ga. Orang yang ingin masuk surga, maka dia tidak boleh ma..... rah. Walaupun tidak naik kelas, tidak boleh ma.... rah Walaupun tidak dibelikan seragam baru tidak boleh ma.... rah Walaupu

Doa Mohon Belas Kasihan Allah

رَبِّ إِنِّىٓ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِى بِهِۦ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِى وَتَرْحَمْنِىٓ أَكُن مِّنَ ٱلْخَٰسِرِينَ Rabbi innii a'uudzu bika an as-alaka maa laysa lii bihi 'ilmun wa-illaa taghfir lii watarhamnii akun mina alkhaasiriin Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Kalau Engkau tidak mengampuniku, dan tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi (Hud 47) Aamiin