Langsung ke konten utama

Penilaian Berbasis Komputer dan Android

Berikut adalah catatan percakapan di grup WA Penilaian Berbasis Komputer

Grup saya buat karena beberapa kali saya mendapat pertanyaan tentang cara membuat penilaian seperti PHB atau PTS, PAS dan PAT atau UKK dengan menggunakan komputer dan HP Android seperti yang kami laksanakan di MTs NU ITB Tedunan, Wedung, Demak.

Sistem yang kami pakai adalah Moodle. Walaupun demikian, percakapan di grup WA ini  tidak hanya melulu tentang Moodle.

Penggunaan Moodle juga perlu mempelajari tentang penggunaan Examview, LibreOffice Calc, Ms Excell, Ms Word, Notepad ++, gesit, LibreOffice Writer, PfSense, Mesin Virtual seperti Virtual Box, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.

=======================
[19/2 20.02] Faiq Aminuddin: Assalamu'alaikum Wr Wb
[19/2 20.03] Faiq Aminuddin: Terimakasih sudah berkenan mampir di grup baru ini
[19/2 20.04] Faiq Aminuddin: Tadi siang saya bertemu dengan pak Maghfur dan Nur Ali saat acara sosialisasi Proktor UMBK
[19/2 20.05] Faiq Aminuddin: Saat ngobrol-ngobrol seusai acara, sempat terlontar keinginan beliau untuk mencoba uhb bk
[19/2 20.05] Faiq Aminuddin: Atau phb
[19/2 20.05] Faiq Aminuddin: Penilaian Harian Bersama Berbasis Komputer
[19/2 20.07] Faiq Aminuddin: Sebelumnya ada beberapa kepala madrasah yang sempat mengungkapkan keinginannya untuk membuat ulangan berbasis komputer
[19/2 20.07] Faiq Aminuddin: Grup ini saya buat sekedar untuk berbagi pengalaman
[19/2 20.07] Faiq Aminuddin: 🙏
[19/2 20.08] Faiq Aminuddin: Di MTs Irsyaduth Thullab pertama kali saya nekad melaksanakan UTS BK
[19/2 20.09] Faiq Aminuddin: Atau PHB BK
[19/2 20.09] Faiq Aminuddin: Saat itu MTs ITB belum punya Komputer untuk server
[19/2 20.11] Faiq Aminuddin: Saat itu saya nekat pakai laptop dengan ram 2 GB sebagai server
[19/2 20.11] Faiq Aminuddin: Alhamdulillah UTS bisa terlaksana sampai selesai walau dengan berbagai kendala
[19/2 20.12] Faiq Aminuddin: Itu cerita masa lalu
[19/2 20.13] Faiq Aminuddin: Menurut saya, kalau mau mencoba membuat PBK
[19/2 20.13] Faiq Aminuddin: Penilaian Berbasis Komputer
[19/2 20.14] Faiq Aminuddin: kita bisa memanfaatkan moodlecloud.com
[19/2 20.14] Faiq Aminuddin: atau gnomio.com
[19/2 20.15] Faiq Aminuddin: Kita bisa latihan mengatur dan melaksanakan PKB dengan kedua web tsb tanpa harus menyediakan server
[19/2 20.16] Faiq Aminuddin: tanpa perlu memasang atau meng-install Moodle di server
[19/2 20.16] Faiq Aminuddin: dan bisa latihan kapan saja dan di mana saja asal terhubung dengan internet
[19/2 20.18] Faiq Aminuddin: Pertama
[19/2 20.19] Faiq Aminuddin: Kita buat server di moodlecloud.com
[19/2 20.21] Faiq Aminuddin: Pilih Get Startee for free
[19/2 20.23] Faiq Aminuddin: Pilih Get Started
[19/2 20.23] Faiq Aminuddin: Kalau mau pilih yang berbayar juga boleh
[19/2 20.23] Faiq Aminuddin: 😊
[19/2 20.25] Faiq Aminuddin: Pilih create a new account
[19/2 20.28] Faiq Aminuddin: Baca ketentuannya
Centang semua
Pilih *Next*
[19/2 20.31] Faiq Aminuddin: Selanjutnya isi semua pertanyaan yang wajib diisi. Termasuk nomor hp
[19/2 20.32] Faiq Aminuddin: Pada bagian bawah ada yang perlu dicentang
[19/2 20.32] Faiq Aminuddin: Kemudian pilih *next*
[19/2 20.37] Faiq Aminuddin: Masukkan nama untuk alamat situs server kita
[19/2 20.38] Faiq Aminuddin: nama yang kita masukkan disini akan menjadi alamat situs server PKB kita
[19/2 20.38] Faiq Aminuddin: misalnya saya pakai nama *faiq*
[19/2 20.39] Faiq Aminuddin: sehingga alamat situs server PBK saya adalah faiq.moodlecloud.com
[19/2 20.46] Faiq Aminuddin: Selanjutnya kita akan diminta memasukkan kode yang dikirim ke no hp
[19/2 20.54] Faiq Aminuddin: Next
[19/2 20.55] Faiq Aminuddin: Kemudian setting kata sandi
[19/2 20.55] Faiq Aminuddin: Setelah itu pilih *thanks, take me to my site*
[19/2 20.56] Faiq Aminuddin: Selamat ada sudah punya server PKB
[19/2 20.56] Faiq Aminuddin: Mudahkan?
[19/2 20.56] +62 882-1612-7286: Terima kasih

Siap mencoba
[19/2 20.58] Faiq Aminuddin: Sama-sama
[19/2 21.00] Faiq Aminuddin: Materi selanjutnya tentang membuat soal Pilihan Ganda yang bisa dipasang di Moodle
[19/2 21.00] Faiq Aminuddin: Yang paling sederhana adalah menulis soal PG dengan format *aiken*
[19/2 21.06] Faiq Aminuddin: Contoh
[19/2 21.10] Faiq Aminuddin: Siapakah nama presiden pertama Indonesia?
A. Soekarno
B. Soeharto
C. BJ Habibie
D. Abdur Rahman Wahid
ANSWER: A
[19/2 21.12] Faiq Aminuddin: File soal disimpan sebagai file teks yaitu dengan format .txt
[19/2 21.14] Faiq Aminuddin: https://lms.onnocenter.or.id/wiki/index.php/Moodle:_Bank_Soal_Format_Menggunakan_Formal_Aiken
[19/2 21.15] Faiq Aminuddin: Format Aiken adalah cara yang sangat sederhana untuk menciptakan pertanyaan pilihan ganda menggunakan format terbaca-manusia yang jelas. (Format GIFT memiliki lebih banyak pilihan dan mungkin lebih tahan terhadap kesalahan, tapi tidak terlihat sebagai sederhana seperti AIKEN.) Pertanyaannya harus semua dalam satu baris. Setiap jawaban harus dimulai dengan satu huruf besar, diikuti dengan periode '.' atau braket ')', lalu spasi. Jawaban garis harus segera mengikuti, dimulai dengan "ANSWER: " (CATATAN ada spasi setelah : ) dan kemudian memberikan huruf yang tepat.

CATATAN: huruf jawaban (A, B, C dll) dan kata "ANSWER" harus huruf besar seperti yang ditunjukkan, jika impor akan gagal.

Berikut adalah contoh dari format Aiken:

What is the correct answer to this question?
A. Is it this one?
B. Maybe this answer?
C. Possibly this one?
D. Must be this one!
ANSWER: D

Which LMS has the most quiz import formats?
A) Moodle
B) ATutor
C) Claroline
D) Blackboard
E) WebCT
F) Ilias
ANSWER: A
[19/2 21.17] Faiq Aminuddin: Tip
Gunakan text editor, seperti PSPad, (Windows "notepad" tidak akan menyimpan dengan encoding yang benar)
[19/2 21.40] Faiq Aminuddin: Ini contoh soal dengan format Aiken saya ketik di hp
[19/2 21.41] Faiq Aminuddin: Dengan aplikasi Teks Editor
[19/2 21.42] Faiq Aminuddin: Soal tersebut di import ke moodle
[19/2 21.42] Faiq Aminuddin: Berikut tampilannya
[20/2 06.00] Nur Kholish: Alhamduillah, bisa pak
[20/2 06.04] Faiq Aminuddin: 👍
[20/2 06.05] Faiq Aminuddin: Sudah bisa import soal?
[20/2 06.07] Nur Kholish: sudah pak
[20/2 06.11] Faiq Aminuddin: 👍
[20/2 06.12] Faiq Aminuddin: Alhamdulillah
[20/2 06.14] Faiq Aminuddin: Materi selanjutnya:
*Membuat jadwal penilaian
*Membuat akun buat guru
*Membuat akun buat peserta penelian atau murid
[20/2 17.32] Faiq Aminuddin: Langkah-langkah untuk meng-upload soal
[20/2 17.33] Faiq Aminuddin: 1. Login ke server
[20/2 17.34] Faiq Aminuddin: Sore ini saya coba akan upload soal PG B Arab kelas 7 dengan format aiken
[20/2 17.35] Faiq Aminuddin: Di server mtsnuitb.moodlecloud.com
[20/2 17.39] Faiq Aminuddin: 2. Pilih site administration di pane menu sebelah kiri
[20/2 17.50] Faiq Aminuddin: 3. Courses
[20/2 17.50] Faiq Aminuddin: 4. Manage couses and catagories
[20/2 17.53] Faiq Aminuddin: 5. *Create new category* untuk membuat kelompok misalnya UTS2  2019/2020
[20/2 17.55] Faiq Aminuddin: Atau langsung *Create new course* untuk membuat kegiatan penilaian.
[20/2 17.56] Faiq Aminuddin: Atau pilih kategori yang sudah dibuat sebelumnya
[20/2 17.58] Faiq Aminuddin: Sebagai contoh saya pilih kategori *UTS 2 1920* yang sudah pernah saya buat
[20/2 17.59] Faiq Aminuddin: Setelah klik atau sentuh *create new course*
[21/2 06.22] Faiq Aminuddin: Ini nama panjang dan nama pendek
[21/2 06.23] Faiq Aminuddin: Contoh:
course full name diisi
*Bahasa Arab 7*
Course short name diisi
*barab7*
[21/2 06.27] Faiq Aminuddin: Pada bagian *Course category* kita dapat memilih kategori atau kelompok. Misalnya *UTS2 2019 2020*
[21/2 06.29] Faiq Aminuddin: Pada tahun *course visibilty* pilih *Show* agar penilaian ini ditampilkan / tidak sembunyikan
[21/2 06.31] Faiq Aminuddin: *Course start date* untuk mengatur tanggal dan jam mulainya penilaian. Bila tidak kita atur, biasanya penilaian langsung bisa dikerjakan setelah dibuat
[21/2 06.35] Faiq Aminuddin: *Course end date* untuk mengatur tanggal dan jam berakhirnya penilaian bila di *enable*

Biasanya saya hilangkan tanda centang disamping kata enable sehingga penilaian tidak dibatasi tanggalnya.
[21/2 06.36] Faiq Aminuddin: *Course ID number* boleh dibiarkan kosong
[21/2 06.38] Faiq Aminuddin: *Time limit* centang *Enable* dan atur batas waktu mengerjakan soal
[21/2 06.40] Faiq Aminuddin: Misalnya saya isi 60 dengan satuan *minutes*
[21/2 06.42] Faiq Aminuddin: Pada bagian *Grade*
Bila untuk kegiatan penilaian awal biasanya saya hanya mengatur bagian *Attempts allowed*
[21/2 06.44] Faiq Aminuddin: Pada bagian *Attempts allowed* kita dapat mengatur berapa kali peserta tes dapat mengerjakan soal.

Untuk tes biasanya saya isi 1.

Kalau untuk remidi, saya isi unlimited
[21/2 06.48] Faiq Aminuddin: Bila siswa bisa mengerjakan lebih dari satu kali maka kita perlu mengatur *grade category* apakah nilai yang diambil adalah nilai tertinggi atau rata-rata?
[21/2 06.50] Faiq Aminuddin: Pada bagian *Review option* biasanya saya centang *Mark* agar nilai hasil tes dapat muncul setelah  selesai.
[21/2 06.51] Faiq Aminuddin: Kalau untuk kegiatan latihan soal dan remidi, saya centang semua sehingga setelah tes siswa bisa tahu mana yang salah dan mana jawaban yang benar.
[21/2 07.01] Faiq Aminuddin: Centang *Mark* dan *overall feedback* untuk menampilkan nilai tes
[21/2 07.05] Faiq Aminuddin: Selanjutnya tekan atau klik *save and display*
[21/2 07.10] Faiq Aminuddin: *course format*
*Format* diisi *single activity*
*Type of activity* diisi *Quiz*
[21/2 07.16] Faiq Aminuddin: tombol *enrole user* untuk menambahkan peserta tes dan atau guru pengajar.

Bila daftar peserta dan guru belum dibuat, kita bisa langsung ke langkah berikutnya
[21/2 07.21] Faiq Aminuddin: Yaitu menambahkan soal
[21/2 07.23] Faiq Aminuddin: Tekan atau klik ikon setting (gambar roda gigi) di sebelah kanan atas sehingga muncul daftar menu
[21/2 07.23] Faiq Aminuddin: Scroll ke bawah dan pilih *import*
[21/2 07.24] Faiq Aminuddin: Kita akan mengimport soal ke Moodle
[21/2 07.24] Faiq Aminuddin: Kita bisa pakai contoh soal ini
[21/2 07.25] Faiq Aminuddin: Atau ini
[21/2 07.25] Faiq Aminuddin: Ini soal bab 1 dan 2 Bahasa Arab kela 7 MTs dengan format aiken
[21/2 07.26] Faiq Aminuddin: Import
[21/2 07.27] Faiq Aminuddin: *File format* pilih *Aiken* atau sesuai format soal yang akan kita upload
[21/2 07.32] Faiq Aminuddin: Tekan atau klik *pilih file*
[21/2 07.33] Faiq Aminuddin: Dan arahkan ke tempat penyimpanan file soal
[21/2 07.35] Faiq Aminuddin: Ini tampilan saat saya menyentuh tombol *pilih file* di hp saya.

Kalau di komputer biasanya muncul kotak dialog seperti file manager
[21/2 07.37] Faiq Aminuddin: Setelah kita pilih, nama file akan muncul di dekat tombol *pilih file*
[21/2 07.37] Faiq Aminuddin: Selanjutnya tekan atau klik *upload file*
[21/2 09.33] Faiq Aminuddin: Tekan atau klik *import*
[21/2 09.34] Faiq Aminuddin: Di bagian bawah
[21/2 09.36] Faiq Aminuddin: Selanjutnya akan muncul keterangan apakah proses import soal berhasil atau gagal. Berapa soal yang terimport
[21/2 09.37] Faiq Aminuddin: Scroll ke bawah
[21/2 09.38] Faiq Aminuddin: Tekan atau klik *continue*
[21/2 09.43] Faiq Aminuddin: Perlu kita pahami bahwa import soal ini adalah dari file soal ke bank soal Moodle. Jadi, langkah selanjutnya adalah memilih dan memasang soal dari bank soal
[21/2 09.43] Faiq Aminuddin: Kita kembali ke sini lagi
[21/2 09.43] Faiq Aminuddin: Klik *edit Quiz*
[21/2 09.45] Faiq Aminuddin: Centang *shuffle* agar soal diacak sehingga urutan soal antar peserta tes berbeda-beda
[21/2 09.46] Faiq Aminuddin: Angka 10.00 pada *Maximum* dapat diubah menjadi 100.00 agar nilai maksimal bukan 10 tapi 100.
[21/2 09.47] Faiq Aminuddin: Klik segitiga di samping *Add*
[21/2 09.52] Faiq Aminuddin: Sehingga muncul menu.
Pilih *from question bank* karena kita akan memilih soal yang tadi sudah kita impor ke bank soal.

Tapi bila ingin langsung membuat soal di Moodle, kita bisa tekan atau klik *a new question*
[21/2 09.55] Faiq Aminuddin: Pada *select a catagory*, pilih kategori tempat soal tadi tersimpan.
Contoh *Default for barab7*

Angka yang tertulis di dalam kurung di samping nama kategori menunjukkan soal yang tersedia
[21/2 10.04] Faiq Aminuddin: Pilih soal dengan memberi tanda centang.

Bila ingin memilih semua soal pada kategori tersebut, centang saja pada *[]T Question*

Kemudian scroll ke bawah dan tekan atau klik *Add selected questions to the quiz*
[21/2 10.10] Faiq Aminuddin: Di sini sudah tertulis *Question: 20*
[21/2 10.10] Faiq Aminuddin: Ini menunjukkan bahwa pada kuis ini sudah ada 20 soal
[21/2 10.11] Faiq Aminuddin: Semula, di sini tertulis *question: 0*
[21/2 10.15] Faiq Aminuddin: Untuk melihat dan mencoba soal, klik atau tekan nama kuisnya.
Contoh *barab7*
[21/2 11.00] Faiq Aminuddin: Untuk mencoba mengerjakan tekan atau klik *Attempt quiz now*
[21/2 11.02] Faiq Aminuddin: Klik *Start attempt*
[21/2 11.04] Faiq Aminuddin: Bila ada soal yang perlu diperbaiki, tekan atau klik *edit question*
[21/2 11.07] Faiq Aminuddin: Bila ingin langsung melihat semua soal bisa klik atau tekan *finish attemp...* di bagian bawah Quiz navigation
[21/2 11.10] Faiq Aminuddin: Tulisan *not yet answered* menunjukkan bahwa soal nomor tersebut belum dijawab
[21/2 11.12] Faiq Aminuddin: Kita bisa kembali mengerjakan soal dengan klik atau menekan tombol *Return to attempt*
[21/2 11.13] Faiq Aminuddin: Bila ingin langsung selesai dan melihat review semua soal, bisa klik atau tekan tombol *submit all and finish*
[21/2 11.15] Faiq Aminuddin: Sekali lagi klik atau tekan *submit all and finish* sebagai konfirmasi
[26/2 10.04] +62 858-5401-0084: Salam kenal
[26/2 10.05] +62 858-5401-0084: Mungkin teman2 ada yg punya modul pembuatan ulangan pakai android.
[26/2 12.38] Faiq Aminuddin: Salam kenal
[26/2 12.38] Faiq Aminuddin: Terimakasih sudah berkenan bergabung
[26/2 12.39] Faiq Aminuddin: Kalau mau pakai Moodle panduannya sudah banyak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKOKOHLAH BAHTERAMU

🌹Ramadhan ke-7 PERKOKOHLAH BAHTERAMU, KARENA SAMUDRA ITU DALAM 🍃🌾Rasulullah pernah berpesan pada Abu Dzar tentang tiga hal. Kata Rasul, “Wahai Abu Dzar, perkokohlah bahteramu, karena samudra itu dalam. Perbanyaklah bekalmu karena perjalanan itu panjang. Ikhlaskanlah amalmu, karena pengintaimu sangat jeli.” ⛵️⛵️Pertama, perkokohlah bahteramu karena samudra itu dalam. Dalamnya samudra itu mengandung resiko. Jika tenggelam, kita bisa mati. Samudra yang dalam itu juga penuh rahasia. Kita tidak pernah tahu ada apa saja di dalamnya. Karang yang besar atau ikan yang buas, sewaktu-waktu bisa mencelakai kita. Karena itu, pengarung samudra yang dalam memerlukan bahtera yang kuat, yang bisa melindungi penumpangnya dari resiko tersebut. ⛵️⛵️Inilah analogi hidup manusia. Hidup manusia di dunia ibarat hidup di tengah samudra yang dalam tersebut. Mempersiapkan bahtera yang kuat berarti mempersiapkan segala hal yang bisa membuatnya bertahan dan mudah mencapai tujuan hidupnya, yaitu akhirat. Tan
Minggu 1 Agustus  2004 yuli dah pergi dan aku merasa belum memberinya apa-apa.  sayang kami tidak akan pernah bertemu lagi. Aku hanya ada satu kemungkinan untuk bertemu dengan kembarannya... aku harus menunggu setahun lagi. padahal bisa saja besok pagi aku mati. Kau tahu semakin banyak kendaraan yang melaju dengan cepat di jalan. setiap kali menyebrang jalan maka aku harus bersiap untuk masuk ke duani kematuian. Kau juga tahu semakin banyak pisau yang diasah untuk melukai dan membunuh orang lain dengan berbagai tujuan....kau lihat tubuhku.... kurus, trinkih... sebuah sasaran yang mudah ditaklukan hanya dengan pelototan mata yang menyeramkan... bisa saja saat aku menyapamu tiba-tiba ada peluru nyasar yang bisa membunuhku seketika... yang pasti aku tidak bisa melawan serangan-serangan kematian itu. Dari pada aku ketakutan dan tidak berani kemanan-mana maka mau ngagka mau aku harus membunuh rasa takut itu... sembunyi se aman apapun tidak akan memberikan jaminan keselamatan dari i

Jangan Marah, Ya!

Jangan Marah, Ya! Sebuah Naskah Pidato Singkat untuk siswa MI Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Pertama, Marilah kita berterima kasih kepada Allah Yaitu dengan membaca Hamdalah. Alhamdu.....lillah. Terima kasih Ya. A....llah. Telah kau beri kami A....kal. Sehingga kami dapat bela...jar. Bukan kurang a... jar. Alhamdu....lillah. Kedua, Mari kita membaca sholawat. Allahumma Sholli Ala Muhammad! Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Siapakah yang ingin masuk surga? Ya. Kita semua, pasti, ingin masuk surga. LA TAGHDHOB WALAKAL JANNAH Janganlah marah, maka kamu akan masuk sur...ga. Orang yang ingin masuk surga, maka dia tidak boleh ma..... rah. Walaupun tidak naik kelas, tidak boleh ma.... rah Walaupun tidak dibelikan seragam baru tidak boleh ma.... rah Walaupu