Bentuk tes tertulis merupakan instrumen yang mengukur kompetensi peserta tes. Tes tertulis ada 2 macam;
1. Tersedia jawabannya
A. benar-salah
B. Pilihan ganda
C. Menjodohkan
2. Tidak tersedia jawabannya
A. Uraian
B. Jawaban singkat
Setiap bentuk penilaian memiliki karakteristik tersendiri. Buku ini berisi panduan penulisan dan contoh soal yang sesuai dengan kaidah penulisan soal dan level kognitif.
Dengan adanya buku ini diharapkan dapat memandu pendidik untuk menyusun soal yang berkualitas dan mengukur
ketercapaian KD.
Penggunaan berbagai bentuk penilaian tertulis dengan memerhatikan
level kognitif dapat meningkatkan mutu capaian kemampuan peserta didik.
Buku panduan penilaian tertulis ini, diharapkan dapat membantu para pendidik atau kalangan terkait untuk melaksanakan pengukuran atau penilaian.
Buku dengan tebal 129 halaman ini disusun oleh Tim Pusat Penilain Pendidikan dan diterbitkan pada bulan Desember 2019.
Komentar