Langsung ke konten utama

Cara Menulis Soal HOTS

Judul: Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills
Penyusun: Tim Pusat Penilaian Pendidikan
Editor: Asrijanty dkk
Penerbit: Pusat Penilaian Pendidikan Jakarta
Tahun terbit: Desember 2019


Buku ini menguraikan prinsip penilaian HOTS beserta contoh soal untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA berbagai mata pelajaran.

HOTS Adalah ...
HOTS adalah singkatan dari higher order 
thinking skills yang berarti Keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Mengapa Harus HOTS
Keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu dimiliki oleh setiap peserta didik agar 
dapat menjadi orang yang kritis, mandiri, 
dan produktif. Peserta didik yang memiliki keterampilan tingkat tinggi diharapkan akan menjadi orang yang;
1. lebih terbuka dalam menyikapi perbedaan atau keragaman
2. tidak mudah menerima suatu informasi tanpa bukti atau alasan yang berdasar,
3. tidak mudah terpengaruh atau terbawa arus, 
4. mandiri dalam berpikir dan bertindak,
5. dapat membedakan hal yang penting dan prioritas sehingga dapat menghasilkan karya nyata yang bermanfaat.

Kategori HOTS
Ada 3 kategori proses berpikir tingkat tinggi yaitu;
1. Menganalisis
Yaitu mengurai informasi menjadi bagian-bagian atau menjelaskan bagaimana bagian-bagian tersebut terkait.

2. Mengevaluasi
Yaitu membuat pertimbangan berdasarkan kriteria.

3. Mengkreasi
Yaitu Menyatukan unsur-unsur untuk membentuk suatu kesatuan.

Posisi HOTS
Untuk kepentingan penilaian tingkat nasional, Pusat Penilaian Pendidikan mengkategorikan proses berpikir menjadi 3 level kognitif, yakni : 
a. Level 1 (Pengetahuan dan Pemahaman)
mengukur kemampuan untuk mengingat dan memahami pengetahuan yang telah 
dipelajari.

b. Level 2 (Aplikasi)
mengukur kemampuan menerapkan pengetahuan dalam konteks atau situasi 
yang familier atau rutin.

c. Level 3 (Penalaran)
mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang tidak hanya sekedar 
mengingat dan memahami. Proses berpikir yang termasuk dalam level ini seperti menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi, berpikir logis, berpikir kritis, berpikir kreatif, menyelesaikan masalah pada konteks baru atau non rutin.

Cara Menyusun Soal HOTS
 1. Pilih kompetensi dasar dan materi yang akan dinilai
2.Menyusun kisi-kisi
3.Merumuskan indikator soal
4. Menulis soal sesuai dengan kaidah penulisan soal yang terdiri dari;
 A. Stimulus
 B. Butir Soal
 C. Kunci jawaban dan pedoman penskoran

Contoh soal HOTS
Ada banyak contoh soal HOTS yang disajikan dalam buku ini, terutama soal untuk penilaian tertulis bentuk pilihan ganda, isian dan uraian.

Bentuk Soal HOTS 
Penilaian HOTS bukan hanya untuk bentuk tes atau penilaian tertulis. Penilaian HOTS dalam bentuk non-tertulis, seperti kinerja, juga dapat dilakukan. Bahkan untuk penilaian kelas, penilaian kinerja dianjurkan untuk lebih sering digunakan karena dapat menilai kompetensi secara lebih komprehensif sehingga memberikan informasi yang lebih lengkap tentang kompetensi peserta didik. Penilaian kinerja juga lebih otentik, karena 
kompetensi dapat dinilai seperti dalam kehidupan nyata. Khusus untuk penilaian kinerja dibahas dalam buku tersendiri. Penilaian dengan bentuk tes tertulis diperlukan terutama untuk penilaian akhir dengan lingkup materi/kompetensi yang lebih banyak dan perlu diskor dalam waktu singkat. 

Pada bagian penutup, penulis berharap semoga buku ini dapat membantu guru dalam menyiapkan penilaian yang 
berkualitas khususnya HOTS sehingga keterampilan berpikir tingkat tinggi anak 
Indonesia berkembang optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKOKOHLAH BAHTERAMU

🌹Ramadhan ke-7 PERKOKOHLAH BAHTERAMU, KARENA SAMUDRA ITU DALAM 🍃🌾Rasulullah pernah berpesan pada Abu Dzar tentang tiga hal. Kata Rasul, “Wahai Abu Dzar, perkokohlah bahteramu, karena samudra itu dalam. Perbanyaklah bekalmu karena perjalanan itu panjang. Ikhlaskanlah amalmu, karena pengintaimu sangat jeli.” ⛵️⛵️Pertama, perkokohlah bahteramu karena samudra itu dalam. Dalamnya samudra itu mengandung resiko. Jika tenggelam, kita bisa mati. Samudra yang dalam itu juga penuh rahasia. Kita tidak pernah tahu ada apa saja di dalamnya. Karang yang besar atau ikan yang buas, sewaktu-waktu bisa mencelakai kita. Karena itu, pengarung samudra yang dalam memerlukan bahtera yang kuat, yang bisa melindungi penumpangnya dari resiko tersebut. ⛵️⛵️Inilah analogi hidup manusia. Hidup manusia di dunia ibarat hidup di tengah samudra yang dalam tersebut. Mempersiapkan bahtera yang kuat berarti mempersiapkan segala hal yang bisa membuatnya bertahan dan mudah mencapai tujuan hidupnya, yaitu akhirat. Tan
Minggu 1 Agustus  2004 yuli dah pergi dan aku merasa belum memberinya apa-apa.  sayang kami tidak akan pernah bertemu lagi. Aku hanya ada satu kemungkinan untuk bertemu dengan kembarannya... aku harus menunggu setahun lagi. padahal bisa saja besok pagi aku mati. Kau tahu semakin banyak kendaraan yang melaju dengan cepat di jalan. setiap kali menyebrang jalan maka aku harus bersiap untuk masuk ke duani kematuian. Kau juga tahu semakin banyak pisau yang diasah untuk melukai dan membunuh orang lain dengan berbagai tujuan....kau lihat tubuhku.... kurus, trinkih... sebuah sasaran yang mudah ditaklukan hanya dengan pelototan mata yang menyeramkan... bisa saja saat aku menyapamu tiba-tiba ada peluru nyasar yang bisa membunuhku seketika... yang pasti aku tidak bisa melawan serangan-serangan kematian itu. Dari pada aku ketakutan dan tidak berani kemanan-mana maka mau ngagka mau aku harus membunuh rasa takut itu... sembunyi se aman apapun tidak akan memberikan jaminan keselamatan dari i

Jangan Marah, Ya!

Jangan Marah, Ya! Sebuah Naskah Pidato Singkat untuk siswa MI Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Pertama, Marilah kita berterima kasih kepada Allah Yaitu dengan membaca Hamdalah. Alhamdu.....lillah. Terima kasih Ya. A....llah. Telah kau beri kami A....kal. Sehingga kami dapat bela...jar. Bukan kurang a... jar. Alhamdu....lillah. Kedua, Mari kita membaca sholawat. Allahumma Sholli Ala Muhammad! Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Siapakah yang ingin masuk surga? Ya. Kita semua, pasti, ingin masuk surga. LA TAGHDHOB WALAKAL JANNAH Janganlah marah, maka kamu akan masuk sur...ga. Orang yang ingin masuk surga, maka dia tidak boleh ma..... rah. Walaupun tidak naik kelas, tidak boleh ma.... rah Walaupun tidak dibelikan seragam baru tidak boleh ma.... rah Walaupu