Langsung ke konten utama

Agus Sampurno: Menulis Blog, Guru Keluar dari Zona Nyaman

Saya mulai bergabung dengan grup WA belajar menulis gel.2 pada tanggal 19 Januari 2020. Grup WA ini dijadikan sebagai media pelatihan menulis secara online dan gratis. Pelatihan ini diadakan oleh pak Wijaya Kusumah dengan 20 nara sumber. Setiap narasumber akan menyampaikan materinya secara pada sesinya masing-masing. Sesi penyampaian materi dilaksanakan dua hari sekali selama 2 jam yaitu pada pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Target pelatihan ini diikuti oleh 256 peserta dengan 20 materi dan 20 kali tugas menulis resume.


Berikut adalah rangkuman materi pertama yang disampaikan oleh pak Agus Sampurno. Sebelumnya, pada tanggal 24/01/20 pukul 18.52 WIB pak Wijaya Kusuma memberikan pengantar dan mempersilahkan para peserta memperkenalkan diri. Dan pada pukul 19.17 WiB pak Agus mulai menyampaikan materi pelatihan.

Pak Agus mulai materinya dengan membahas inovasi di dunia pendidikan dan hambatan yang dikeluhkan oleh para guru dan kepala sekolah. Kemudian disambung dengan penjelasan tentang jenis-jenis perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan. Selanjutnya pak Agus mengajak peserta melihat manajemen Inovasi pada perusahaan Google. Setelah tanya jawab, pak Agus melanjutkan materi kepenulisan.


Inovasi Pendidikan

Menurut pak Agus selama ini ada banyak salah paham tentang inovasi;
1. Inovasi sering dianggap hanya pada bidang teknologi, padahal tidak.
2. Inovasi sering dianggap hanya lahir dari kepala sekolah yang hebat dan guru tinggal melaksanakannya, padahal tidak
3. Inovasi sering dianggap sebagai produk, padahal inovasi adalah budaya.
4. Inovasi sering dianggap sama dengan kreativitas
5. Inovasi sering dianggap lahir dari sekumpulan orang pintar
6. Inovasi sering dianggap lahir dari kesulitan alias the power of kepepet.
7. Inovasi sering dianggap lahir begitu saja.
8. Inovasi sering dianggap lahir karena dipaksa

Menurut pak Agus kaum pendidik dan pemimpin di sekolah mengungkapkan bahwa mereka menemukan hambatan dalam berinovasi yaitu;

1. Ujian nasional
2. Pihak dinas
3. Rekan sekerja
4. Input siswa
5. Waktu yang sedikit
6. Bullying antar guru
7. Kepala sekolah atau rekan sekerja yang cuek
8. Biaya
9. Sarpras
10. Kurikulum
11. Orang tua siswa
12. Kewajiban membuat administrasi  pengajaran

Perubahan Pada Dunia Pendidikan

Menurut pak Agus ada 2 jenis perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan yatiu Disruptive dan Icremental.

1. DISRUPTIVE.
yaitu perubahan yang bersifat memaksa. Aplikasi Ruang Guru, misalnya, sebenarnya tidak bisa menggantikan peran guru. Aplikasi tersebut hanya menggantikan guru yang malas, yang mabuk akan status PNS namun malas belajar kembali, yang sudah bahagia dengan mengajar sekedarnya saja. Hal seperti ini kadang malah diperparah dengan adanya kepala sekolah yang cuek .

2. INCREMENTAL.
Yaitu perubahan yang terstruktur, melibatkan semua pihak, didokumentasikan dan dirayakan saat ada perubahan/perbaikan walau sekecil apapun. Perubahan ini Open minded terhadap kesalahan bahkan menjadikan kesalahan sebagai batu lompatan

Manajemen Inovasi Perusahaan Google
Sebagai perusahaan Google punya rasio 80:20. Artinya 80 persen waktu karyawan Google digunakan untuk mengerjakan tugas  atau pekerjaan wajibnya, dan 20 persen waktu karyawn Google yang digunakan untuk bereksperimen yang difasilitasi oleh perusahaan dengan memberikan kesempatan untuk berpresentasi di depan petinggi perusahaan. Karyawan yang inovasinya dipandang berharga akan didukung dengan memberikan biaya yang dibutuhkan.

Guru dan Inovasi
Guru dapat melakukan inovasi dalam proses pembelajaran kemudian mencari apakah ada teknologi yang bisa mendukung. Misalnya guru berinovasi membuat siswanya rajin dan menjadi pandai menulis kemudian belajar cara membuat blog untuk kelasnya agar tulisan siswa bisa dibaca oleh masyarakat yang lebih luas. Jadi, mesti aspek pedagogik dahulu baru teknologi.

Untuk berinovasi, guru dapat mulai dengan prinsip ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Guru dapat mencari hal yang menarik kemudian menerapkan terapkan prinsip ATM.

Sebelum melanjutkan materi kepenulisan, pada pukul 19.49 WIB pak Agus mulai membuka sesi tanya jawab dan kemudian melanjutkan ke materi kepenulisan.

Jenis-Jenis Blog
Menurut pak Agus jenis-jenis blog antara lain;
1. Blog Review produk
2. Blog tips dan trik
3. Blog cerita pengalaman (personal branding)


Mengapa Menulis Blog?
Mungkin sebagian orang menulis di internet hanya sekedar curhat padahal akan lebih bermanfaat bila yag ditulis adalah solusi.

Langkah-Langkah Mulai Menulis Blog bagi Guru
Seorang guru dapat memperoleh bahan menulis dengan langkah-langkah berikut;
1. Mencari kesulitan apa yang dihadapi sebagai guru.
2. Mencari atau riset  di internet mengenai solusi dari kesulitan atau masalah tersebut
3. Mengujicoba solusi yang ditemukan di kelas
4. Menulis hasilnya di blog


Keuntungan atau Manfaat Menulis Blog bagi Guru
1. Makin mencintai dunia pendidikan
2. Promosi dalam bidang pekerjaan.
3. Menjadi pembicara

Pada bagian akhir pak Agus memberikan kesimpulan sebagai berikut;

1. Menulislah singkat-singkat saja.
2. Jika sudah terbiasa menulis maka akan merasa ada yang kurang jika belum menulis.
3. Menulislah dimana saja dan dengan alat apa saja.
4. Blog dapat bernuansa ‘diary’ atau refleksi pengalaman.

menulis blog dianggap seperti menulis makalah ilmiah yang membuat pendidik merasa mesti tampil ‘sempurna’. Jika pendidik itu kemudian berhasil menulis biasanya kemudian blognya menjadi lama diisi kembali dikarenakan energinya habis dan menjadi kehilangan selera untuk mengisinya kembali. Lebih baik menulis singkat. padat dan jelas daripada sekali menulis sempurna lalu setelah itu hilang.

Bayangkan jika semua pendidik berkenan berbagi pengalamannya lewat tulisan, singkat dan bersemangat, dijamin pendidikan Indonesia menjadi maju dan berkembang dalam waktu yang cepat. Hal ini dikarenakan cerita dari ‘lapangan’ bisa dibagi dan dibaca dan dijadikan inspirasi oleh si pembaca untuk diterapkan di sekolahnya masing-masing.

Menulis blog berarti anda bersedia untuk keluar dari zona nyaman 
karena;
1. Anda secara tidak sadar akan menekuni hal baru yang diperlukan kesabaran dan kesadaran dalam berbuat
2. Anda akan tersenyum saat ingat pertama kali anda memulai
3. Anda akan menginspirasi orang lain

Selamat menulis.
semoga bermanfaat
Sampai jumpa pada rangkuman menulis berikutnya.

Materi ketiga disampaikan oleh pak Dudung Nurullah Koswara > https://kebonkata.blogspot.com/2020/02/dnk-menulis-itu-kifarat-dan-tasyakur.html
Materi keempat disampaikan oleh pak Taufik Hidayat > https://kebonkata.blogspot.com/2020/02/taufik-hidayat-semakin-kaya-bacaan-kita.html
Materi kelima tentang Membangung personal Branding melalui Blog disampaikan oleh pak Namin > https://kebonkata.blogspot.com/2020/02/namin-personal-branding-dapat-dibangun.html

Lebih lengkap tentang cara ngeblog >> https://kebonkata.blogspot.com/search/label/Cara%20Ngeblog



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Digital untuk Siswa dan Guru

Buku mata pelajaran umum tingkat MTs Buku kelas VII Buku siswa IPS Kelas VII MTK Kelas VII Semester 1 MTK Kelas VII Semester 2 PJK (Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan) Kelas VII PKn Seni Budaya Prakarya sem 1 Prakarya sem 2 Buku Mata pelajaran umum tingkat MTs Buku pelajaran PAI untuk tingkat MTs MAPEL UMUM Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Matematika BS Sem 1.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zanloOE1uUGRjVUk&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Bahasa Inggris BS.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zTmltd2JtVFMwVDQ&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Seni Budaya BS.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zdWtEMWF0SndRdU0&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Prakarya BS Sem 2.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zRE9pQUlnWmt4QTA&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Prakarya BS Sem 1.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zMlFxNGgyLTkxdGc&export=download Kelas 8\Buku Siswa...

Sapu Terbang

Hari masih pagi. Siti bangun tidur. Dia masih ingat cerita ibu tadi malam. Cerita tentang penyihir dan sapu terbang. Ya, sapu yang bisa terbang. Siti ingin naik sapu terbang. Melayang-melayang di langit. Berputar-putar di atas atap rumah. Siti berjalan ke luar kamar. Di ruang tengah, ayah sedang menyapu. Siti melihat sapu itu bergerak maju mundur. Di lantai ada kertas, bungkus permen, batang korek api, dan debu. Sampah-ampah itu dikumpulkan dengan sapu lalu didorong ke dalam sekop. Selesai menyapu, Ayah pergi ke dapur. Siti bertanya dalam hati, “Mengapa ayah tidak terbang dengan sapu itu?” Siti mengambil sapu itu. Menyeretnya ke halaman. Tangannya memegang tangkai sapu. Dia berdiri di atas rambut sapu. “Ayo terbang.” Siti berpengangan pada tangkai sapu. Kuat sekali. Dia takut jatuh. “Enak juga naik sapu”. Siti melihat langit. Dia ingin terbang ke atas sana. Tangkai sapu ditarik ke atas. “Mengapa sapu ini tidak bisa terbang tinggi? Mungkin aku harus terbang ke atas at...

Mengunduh Daftar Nilai Hasil UBK dengan Moodle

  Salah satu kelebihan moodle sebagai LMS adalah membebaskan guru atau panitia tes/ujian dari tugas atau beban mengoreksi dan menilai lembar jawaban tes. CBT atau UBK dengan Moodle, tugas koreksi dan menilai sudah ditangani oleh sistem Moodle secara otomatis. Kita dapat menguduh daftar nilai peserta tes, bahkan beserta catatan respon/jawaban setiap peserta untuk masing-masing butir soal. Setelah tes/ujian/UBK selesai, kita dapat mengunduh daftar nilai pada bagian Grades. Mengunduh Daftar Nilai Moodle Langkah-langkah mengunduh daftar nilai beberapa pelajaran/ujian/course dengan format topik adalah sebagai berikut; Login sebagai admin atau teacher klik nama tes/ujian/kursus/course pada Dropdown Menu klik Klik Grades > Export   Pilih jenis file yang diinginkan; OpenDocument spreadsheet, Plain text file, Excel spreadsheet atau XML file. Saya biasanya memilih OpenDocument spreadsheet yang dapat dibuka dan diolah dengan aplikasi pengolah kata open source...