Langsung ke konten utama

Kendalikan Gadgetmu!

Alhamdulillah dunia semakin canggih. Sekarang menulis tidak harus dengan tinta dan kertas. Begitu juga dengan membaca. Agar bisa dibaca banyak orang, buku, majalah, atau koran tidak harus dicetak di atas kertas. Kegiatan baca-tulis dan penerbitan mulai meninggalkan dunia kertas. Kemajuan teknologi informasi haruslah dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai kita malah direpotkan oleh teknologi apalagi menjadi sangat tergantung dengan teknologi.
Kehadiran berbagai gadget di Indonesia perlu kita manfaatkan dengan baik. Gadget tidak akan bermanfaat dengan optimal bila tidak dilengkapi dengan konten yang baik. Penerbit buku dan media cetak dapat beralih menjadi penerbit buku, majalah dan koran elektronik. Hal ini tentu akan mempermudah proses penerbitan dan distribusinya bahkan promosinya juga, sehingga harga jualnya bisa lebih murah dan lebih terjangkau oleh lebih banyak pembaca.
Indonesia juga terkenal sebagai gudangnya alhi teknologi informasi. Masyarakat Indonesia juga sangat suka menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi. Para remaja sudah tidak asing lagi dengan dengan smart phone. Para kanak-kanak Indonesia juga sudah akrab dengan tablet. Tapi sayang sekali bila gadget hanya digunakan sebagai alat permainan.

Kadang pembeli gadget kebingungan bila ditanya konten apa saja yang ingin dimasukkan ke dalam gadget barunya. Kebingungan pembeli mungkin dikarenakan minimnya pengetahuan tentang jenis-jenis konten yang dapat dimasukkan ke dalam gadget. Bisa juga kebingungan tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan tentang fungsi-fungsi gadget. Tidak jarang pembeli gadget hanya mengikuti trend atau sekedar ingin menunjukkan bahwa dia juga bisa memiliki dan melakukan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh orang lain. Biasanya penjual gadget memberikan fasilitas konten-konten yang populer secara gratis seperti permainan, aplikasi internet dan social network.

Bagi kanak-kanak, mungkin gadget seperti tablet dan smart phone lebih populer sebagai alat permainan. Maka orang tua harus memilih dan memillah permainan apa saja yang layak dimasukkan ke dalam gadget anaknya. Anak juga perlu dikenalkan secara perlahan bahwa fungsi gadget tidak hanya untuk permainan. Anak perlu tahu bahwa gadget juga dapat digunakan untuk belajar menggambar, membaca, berhitung dan main musik, membaca komik, buku, dan majalah elektronik, dan lain sebagainya.

Bagi anak-anak usia sekolah dasar dan menengah, selain sebagai alat permainan dan alat komunikasi, gadget sebaiknya juga difungsikan sebagai semacam perpustakaan pribadi. Gadget untuk pelajar tingkat dasar dan menengah antara lain perlu diisi dengan;
  • aplikasi Al-Quran atau mengaji yang cocok untuk pelajar seperti Yanbu'a atau Qiroati
  • Kumpulan Hadist dan do'a-do'a seperti Ar'abin Nawawi,
  • BSE (buku sekolah elektronik) sesuai jenjangnya,
  • buku atau aplikasi referensi seperti kamus dan insiklopedi,
  • buku atau aplikasi yang menarik dan cocok untuk pelajar seperti dongeng, novel, komik,
  • aplikasi perkantoran/office open source seperti Polaris dan PDF/ebook reader
  • aplikasi grafis sederhana misalnya aplikasi untuk belajar menggambar dan mewarnai
  • permainan-permainan yang mendidik seperti teka-teki silang, cari kata, belajar bahasa asing dan lain sebagainya

Adapun gadget bagi pelajar tingkat atas, selain konten-konten yang sudah tersebut di atas dapat ditambahi dengan aplikasi-aplikasi yang dapat mendorong dan mendukung produktifitas seperti;
  • editor video seperti movie maker,
  • editor audio seperti Audiocity,
  • aplikasi grafis seperti GIMP (GNU Image Manipulating Program), Inkscape dan Blender,
  • buku referensi seperti buku pedoman umum EYD (ejaan yang disempurnakan),
  • aplikasi pencari rima untuk mempermudah penulisan puisi, pantun atau lirik lagu seperti iRdi
Sedang gadget untuk mahasiswa dan orang dewasa tentu perlu disesuaikan dengan profesi, bakat dan hobi masing-masing. Karena saya adalah guru madrasah, suka menulis, desain grafis dan editing multimedia maka saya ingin gadget saya dilengkapi dengan;
  • Aplikasi Islam seperti Al-Quran dan Hadits beserta terjemah dan tafsirnya, serta Maktabah As-Samilah
  • Koleksi e-book beserta aplikasi/buku refernsi seperti kamus, insiklopedi, dan wikipedia offline, iRdi
  • Aplikasi office yang open source dan multiplatform
  • Aplikasi ngeblog offline-online
  • PDF/e-book reader dan PDF/e-book creator
  • Aplikasi grafis seperti GIMP, Inkscape, Blender, dan Cad
  • Aplikasi-aplikasi internet, social network dan downlod accelerator

Ada dua hal yang harus kita ingat dalam era digital;

  • Kita harus menghindari pembajakan. Mari kita hormati dan hargai hak cipta para penulis dan kawan-kawan.
  • Tapi kita juga harus belajar untuk suka berbagi. Mari kita saling berbagi pengalaman dan berbagi pengetahuan. Kita harus yakin bahwa ilmu tidak akan berkurang bila kita bagikan kepada orang lain, melainkan malah bertambah. Membagi ilmu dengan ikhlash insya Allah tidak akan menyebabkan kita jatuh dalam kemiskinan.
  • Kita tidak boleh memonopoli sumber-sumber pengetahuan demi keuntungan pribadi atau golongan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Digital untuk Siswa dan Guru

Buku mata pelajaran umum tingkat MTs Buku kelas VII Buku siswa IPS Kelas VII MTK Kelas VII Semester 1 MTK Kelas VII Semester 2 PJK (Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan) Kelas VII PKn Seni Budaya Prakarya sem 1 Prakarya sem 2 Buku Mata pelajaran umum tingkat MTs Buku pelajaran PAI untuk tingkat MTs MAPEL UMUM Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Matematika BS Sem 1.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zanloOE1uUGRjVUk&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Bahasa Inggris BS.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zTmltd2JtVFMwVDQ&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Seni Budaya BS.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zdWtEMWF0SndRdU0&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Prakarya BS Sem 2.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zRE9pQUlnWmt4QTA&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Prakarya BS Sem 1.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zMlFxNGgyLTkxdGc&export=download Kelas 8\Buku Siswa...

CBT tanpa Lab Komputer dan Internet

Bulan Maret 2022 merupakan bulan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun dan Ujian bagi murid kelas akhir seperti kelas IX MTs sederajat, Penilaian Harian Bersama Tengah Semester bagi murid kelas VII dan VIII. Sejak pandemi Covid-19 ramai dibicarakan, mulai ramai juga pembicaraan tentang pembelajaran dan penilaian online. Pembelajaran  dan penilaian online biasanya membutuhkan aplikasi LMS, Server dan Internet. Alhamdulillah ada banyak aplikasi LMS dan sejenisnya yang dapat digunakan secara gratis (lisensi tidak diperdagangkan) seperti Moodle yang merupakan LMS open source. Adapun server virtual juga ada yang dapat digunakan gratis seperti moodlecloud.com dan gnomio.com. Seperti biasa, MTs NU ITB Tedunan Wedung Demak, tahun 2022 berencana melaksanakan PAT, UM dan PHBTS menggunakan Moodle. Sebelumnya, kami melaksanakan CBT offline dengan memanfaatkan server yang dulu kami beli untuk UNBK. Akan tetapi sejak kedua PC server kami rusak sekitar 2 tahun yang lalu, kami beralih melaksanakan CBT...

Mengunduh Daftar Nilai Hasil UBK dengan Moodle

  Salah satu kelebihan moodle sebagai LMS adalah membebaskan guru atau panitia tes/ujian dari tugas atau beban mengoreksi dan menilai lembar jawaban tes. CBT atau UBK dengan Moodle, tugas koreksi dan menilai sudah ditangani oleh sistem Moodle secara otomatis. Kita dapat menguduh daftar nilai peserta tes, bahkan beserta catatan respon/jawaban setiap peserta untuk masing-masing butir soal. Setelah tes/ujian/UBK selesai, kita dapat mengunduh daftar nilai pada bagian Grades. Mengunduh Daftar Nilai Moodle Langkah-langkah mengunduh daftar nilai beberapa pelajaran/ujian/course dengan format topik adalah sebagai berikut; Login sebagai admin atau teacher klik nama tes/ujian/kursus/course pada Dropdown Menu klik Klik Grades > Export   Pilih jenis file yang diinginkan; OpenDocument spreadsheet, Plain text file, Excel spreadsheet atau XML file. Saya biasanya memilih OpenDocument spreadsheet yang dapat dibuka dan diolah dengan aplikasi pengolah kata open source...