Buku dengan judul PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SASTRA: Solusi Pendidikan Moral yang Efektif ini diterbitkan oleh AR-RUZZ MEDIA Jogja pada tahun 2011.
Buku ini adalah karya Rohimah M. Noor. Rohinah M Noor secara usia, beliau 2 tahun lebih muda dari saya akan tetapi keilmuan beliau jauh di atas saya. Lulusan Pondok pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras ini melanjutkan kuliah S1 dan mondok di Jogja. Adapun kuliah S2 beliau tempuh di Jakarta.
Rohinah M Noor prihatin dengan terkikisnya tradisi mendongeng. Semakin jarang orangtua yang mendongeng kepada anaknya. Padahal dunia sastra diyakini dapat mengasah rasa, mengolah budi, dan memekakan pikiran. Bagi Rohinan rasa, budi dan pikiran merupakan cikal bakal moral. Oleh karena itu skolah atau madrasah sebagai peletak batu pertama pembentuk watak dan kepribadian tidak boleh mengabaikan peran dunia sastra.
Rohinah M Noor menawarkan konsep pendidikan karkater berbasis moral sebagai solusi ketika orang mulai bosan dengan doktrin-doktrin hitam-putih. Sastra diharapkan dapat menanamkan budi pekerti yang luhur pada generasi bangsa. Rohinah M Noor mengutip wasiat kholifah Umar bin Khattab â€Å“Ajarilah anak-anakmu sastra, karena sastra membuat anak yang pengecut menjadi jujur dan pemberani.â€
Rohinah M Noor setuju dengan pendapat Abdul Wachid BS yang mengatakan bahwa sastra dapat berfungsi sebagai penyaring berita dan slogan omong kosong serta ketidakjujuran dalam masyarakat.
Menurut Rohinan M Noor karya sastra yang sesuai perkembangan anak dapat digunakan untuk membimbing perkembangan anak-anak ke arah yang positif. Dengan membaca karya-karya sastra, anak-anak bisa mendapatkan bekal pengetahuan yang tentang manusia, dan berbagai permasalahan hidup.
Buku dengan tebal 175 halaman ini pertama-tama membahas HUBUNGAN ANTARA SASTRA, AGAMA, DAN REVOLUSI SOSIAL mulai dari tujuan sastra dan agama sampai peran sastra sebagai kontrol sosial dan jalan menuju revolusi
Pada bagian kedua Rohinah M Noor menguraikan tentang FUNGSI SASTRA sebagai PEMBENTUK KEPRIBADIAN anak lengkap dengan strateginya. Selanjut pada bagian ketiga Rohinah M Noor menguraikan tentang pentingnya PEMBINAAN KARAKTER ANAK SEJAK USIA DINI BERBASIS SASTRA ANAK misalnya dengan pemanfaatan dongeng sehingga pendidikan moral menjadi pendidikan yang Menyenangkan. Rohinah M Noor juga menguraikan tentang pembinaan karakter melalui tokoh utama
Selanjutnya Rohinah M Noor mengajak kita melihat praktek PENDIDIKAN SASTRA DI SEKOLAH mulai dari pengajaran, buku, pengaruh kekuasaaan serta peran guru sastra. Dan pada bagian akhir, Rohinah M Noor mengajak kita jalan-jalan ke luar negeri untuk melihat PENDIDIKAN SASTRA DENGAN NEGARA LAIN.
Buku ini dilengkapi dengan dua lampiran penting yaitu perbincangan Sastra Indonesia dan perbincangan Sastra Arab.
Komentar