Langsung ke konten utama

Mensiasati Program Hafalan

Metode hafalan merupakan salah metode pembelajaran klasik yang sudah terbukti dapat menanamkan ingatan murid pada berbagai materi pelajaran. Misalnya hafalan tasrifan shorof, hafalan kaidah i'lal, hafalan hadits dan surat Alquran, hafalan kosa kata, hafalan daftar perkalian, hafalan nama ibu kota, hafalan dasa dharma pramuka dan lain sebagainua.

Akan tetapi program hafalan kadang malah menjadi momok bagi sebagian murid. Apalagi bagi murid milenial.

Saya jadi teringat pesan pak Doktor Nasuha. "Jangan paksa murid menghafal tapi jadikan mereka hafal," begitu kira-kira pesan dosen MPI UNISNU Jepara ini.

Kita dapat mensiasati program hafalan dengan program pembiasaan. Bila setiap pagi murid diajak membaca nadham Asmaul Husna, tentu sebagian besar murid hafal nadham Asmaul Husna. Contoh ini dapat kita terapkan pada materi pelajaran yang perlu dihafal murid.

Program hafalan tasrifan dapat diganti dengan dengan program membaca berasama tasrifan sebelum pelajaran short.

Program hafalan kosakata bahasa Arab dapat diganti atau dibantu dengan program pembiasaan melantunkan syi'ir Ro'sun Sirah secara bersama-sama sebelum atau sesudah pelajaran Bahasa Arab.

Program hafalan perkalian dapat diganti dengan program pembiasaan membaca daftar perkalian secara bersama-sama sebelum pejaran Matematika. Begitu juga denga program-program hafalan yang lain.

Agar hasilnya lebih maksimal, program hafalan melalui pembiasaan pelafalan bersama-sama dipimpin oleh murid secara bergantian.

Hafalan bukanlah satu-satunya metode. Begitu juga dengan pembiasaan. Kita dapat memilih metode yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

Tedunan, 26 Januari 2020
Faiq Aminuddin
Pelayan pelajar Irsyaduth Thullab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Digital untuk Siswa dan Guru

Buku mata pelajaran umum tingkat MTs Buku kelas VII Buku siswa IPS Kelas VII MTK Kelas VII Semester 1 MTK Kelas VII Semester 2 PJK (Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan) Kelas VII PKn Seni Budaya Prakarya sem 1 Prakarya sem 2 Buku Mata pelajaran umum tingkat MTs Buku pelajaran PAI untuk tingkat MTs MAPEL UMUM Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Matematika BS Sem 1.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zanloOE1uUGRjVUk&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Bahasa Inggris BS.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zTmltd2JtVFMwVDQ&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Seni Budaya BS.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zdWtEMWF0SndRdU0&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Prakarya BS Sem 2.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zRE9pQUlnWmt4QTA&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Prakarya BS Sem 1.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zMlFxNGgyLTkxdGc&export=download Kelas 8\Buku Siswa...

Sapu Terbang

Hari masih pagi. Siti bangun tidur. Dia masih ingat cerita ibu tadi malam. Cerita tentang penyihir dan sapu terbang. Ya, sapu yang bisa terbang. Siti ingin naik sapu terbang. Melayang-melayang di langit. Berputar-putar di atas atap rumah. Siti berjalan ke luar kamar. Di ruang tengah, ayah sedang menyapu. Siti melihat sapu itu bergerak maju mundur. Di lantai ada kertas, bungkus permen, batang korek api, dan debu. Sampah-ampah itu dikumpulkan dengan sapu lalu didorong ke dalam sekop. Selesai menyapu, Ayah pergi ke dapur. Siti bertanya dalam hati, “Mengapa ayah tidak terbang dengan sapu itu?” Siti mengambil sapu itu. Menyeretnya ke halaman. Tangannya memegang tangkai sapu. Dia berdiri di atas rambut sapu. “Ayo terbang.” Siti berpengangan pada tangkai sapu. Kuat sekali. Dia takut jatuh. “Enak juga naik sapu”. Siti melihat langit. Dia ingin terbang ke atas sana. Tangkai sapu ditarik ke atas. “Mengapa sapu ini tidak bisa terbang tinggi? Mungkin aku harus terbang ke atas at...

Mengunduh Daftar Nilai Hasil UBK dengan Moodle

  Salah satu kelebihan moodle sebagai LMS adalah membebaskan guru atau panitia tes/ujian dari tugas atau beban mengoreksi dan menilai lembar jawaban tes. CBT atau UBK dengan Moodle, tugas koreksi dan menilai sudah ditangani oleh sistem Moodle secara otomatis. Kita dapat menguduh daftar nilai peserta tes, bahkan beserta catatan respon/jawaban setiap peserta untuk masing-masing butir soal. Setelah tes/ujian/UBK selesai, kita dapat mengunduh daftar nilai pada bagian Grades. Mengunduh Daftar Nilai Moodle Langkah-langkah mengunduh daftar nilai beberapa pelajaran/ujian/course dengan format topik adalah sebagai berikut; Login sebagai admin atau teacher klik nama tes/ujian/kursus/course pada Dropdown Menu klik Klik Grades > Export   Pilih jenis file yang diinginkan; OpenDocument spreadsheet, Plain text file, Excel spreadsheet atau XML file. Saya biasanya memilih OpenDocument spreadsheet yang dapat dibuka dan diolah dengan aplikasi pengolah kata open source...