Langsung ke konten utama

Aplikasi Rekam Layar dan Kamera Sekaligus

Awal bulan Juli 2024, saya tertarik untuk mengikuti sebuah tantangan di Instagram. Tantangannya adalah membacakan cerita anak selama 8 hari. Pembacaan cerita secara nyaring ini diminta untuk direkam dan diunggah di Instagram. Maka saya pun kembali utak-utek Instagram dan aplikasi-aplikasi perekam dan multimedia.

Semula saya menggunakan laptop beserta webcam-nya. Pertama kami unduh buku ceritanya agar lebih lancar saat dibaca (tanpa loading). Setelah nyoba aplikasi perekam yang sudah terpasang di laptop akhirnya saya putuskan untuk menggunakan perekam video online. Saya menggunakan https://webcamera.io/id/ dan mengunduh hasilnya. Karena hasilnya masih berupa file .webm maka saya ubah menjadi file .mp4 dengan aplikasi VLC Media Player. Ohya laptop yang saya pakai bersistem operasi Ubuntu.

Semula saya ingin mengedit video tersebut dengan aplikasi kdenlive yang sudah terpasang di mini pc. Maka saya kirim file video tersebut lewat Google Foto. Tapi saya tidak jadi mengedit dan langsung mengunggahnya ke instagram leweat aplikasi web browser Firefox.

Video kami rekam dengan ukuran layar terbentang (landscape) tapi saya unggah dengan ukuran potrait. Ini hasilnya https://www.instagram.com/p/C84pEwph-MC/ dan https://www.instagram.com/p/C84o1ioBDZ3/.

Menurut saya menonton video pembacaan cerita tanpa melihat buku cerita yang dibaca kurang menarik. Maka pada hari berikutnya saya mencoba menambahkan gambar-gambar ilustrasi beserta teks dari cerita yang kami baca. Penambahan gambar ini saya lakukan menggunakan aplikasi kdenlive. ini hasilnya: https://www.instagram.com/p/C89uHqzBEwD/ dan https://www.instagram.com/p/C89uHqzBEwD/

Pada hari berikutnya saya mencoba aplikasi xrecorder yang kami pasang di HP Android untuk merekam layar dan kamera sekaligus. Sebelumnya kami mengunduh buku cerita dalam bentuk .epub. Untuk membaca .epub saya menggunakan aplikasi Lithium. Saya pilih aplikasi ini karena filenya yang kecil. 

Hasil rekaman aplikasi xrecorder sudah berformat .mp4 tapi ternyata tidak bisa langsung saya upload ke Instagram lewat web browser di HP. Maka saya kirim ke laptop lewat Google Drive dan kemudian saya unggah ke instagram lewat web browser lagi. Ini Hasilnya: https://www.instagram.com/p/C9CrgXVhjTi/ 

Ternyata aplikasi Lithium kurang berjalan lancar di hp saya. Saat baca ebook, ada jeda untuk menunggu loading setiap pindah halaman buku. Oleh karena itu saya ganti menggunakan aplikasi ReadEra untuk membaca ebook secara offline.

Hari ketujuh dan kedelapan bersamaan dengan acara jalan-jalan. Jadi saya persiapan agar proses perekaman dan upload bisa langsung dilakukan dari HP tanpa laptop atau mini PC. Maka saya pasang aplikasi instagram di HP. Pada hari ketujuh, kami rekaman di penginapan dan mencoba mengunggahnya ke instagram dengan memanfaatkan koneksi internet dari penginapan yang ternyata tidak lancar. Walaupun begitu, akhirnya bisa terunggah menjelang dini hari. Alhamdulillah. Ini hasilnya: https://www.instagram.com/p/C9FqwnaPBJN/


Pada hari berikutnya saya coba menggunakan aplikasi lets Read tapi ternyata saya tidak bisa menggunakannya untuk membaca secara offline dan malah tidak bisa mengunduh ebook dari web lets read.

Pada hari ketujuh, hampir seharian kami masih jalan-jalan dan tidak punya koneksi internet sehingga tidak bisa rekaman. Untung kami sudah sampai di rumah sebelum larut malam. Saat rasa kantuk dan lelah mulai memuncak, saya mengajak anak saya untuk rekaman sejadinya dan langsung upload dari HP. Alhamdulillah lumayan lancar. Ini hasilnya: https://www.instagram.com/p/C9IAwEwP7PB/

Dengan mengikuti tantangan ini, saya dan anak saya setidaknya sudah menjelajahi 8 buku cerita. Dan saya juga menjelajahi beberapa aplikasi yang digunakan serta mengenal lebih banyak penulis, ilustrator dan editor cerita anak.

Alhamdulillah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Digital untuk Siswa dan Guru

Buku mata pelajaran umum tingkat MTs Buku kelas VII Buku siswa IPS Kelas VII MTK Kelas VII Semester 1 MTK Kelas VII Semester 2 PJK (Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan) Kelas VII PKn Seni Budaya Prakarya sem 1 Prakarya sem 2 Buku Mata pelajaran umum tingkat MTs Buku pelajaran PAI untuk tingkat MTs MAPEL UMUM Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Matematika BS Sem 1.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zanloOE1uUGRjVUk&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Bahasa Inggris BS.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zTmltd2JtVFMwVDQ&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Seni Budaya BS.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zdWtEMWF0SndRdU0&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Prakarya BS Sem 2.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zRE9pQUlnWmt4QTA&export=download Kelas 8\Buku Siswa\Kelas VIII Prakarya BS Sem 1.pdf https://drive.google.com/uc?id=0BxAzzxcrYq9zMlFxNGgyLTkxdGc&export=download Kelas 8\Buku Siswa

BlankOn Linux, Sepatu, dan Aku

A khirnya hadiah yang aku tunggu-tunggu pun tiba. Malam itu aku hendak menutup pintu depan rumah ketika dik Mutho' berlari-lari kecil menghampiriku sambil menyodorkan sebuah bingkisan berwarna coklat. “Pasti sepatu,” tebakku. “Matur nuwun...” Bingkisan dari Tangerang itu langsung kubawa masuk dan kutunjukkan kepada istri dan dua putriku; Alma dan Nabila. Mereka langsung berebutan untuk membukanya. Betul, bingkisan itu berisi sepatu Fans dan ternyata ada buku dan piagamnya juga. Alhamdulillah . Beberapa hari sebelumnya memang aku baca pengumuman Pemenang Sayembara Menulis Periode II; Pemenang Sayembara Menulis Periode II   Bertepatan dengan Hari Pahlawan!! Panitia selesai menyeleksi tulisan yang masuk sejak 18 Agustus hingga akhir Oktober ini. Kemudian panitia memutuskan nama-nama dibawah ini untuk menjadi pemenang. Pemilihan pemenang berdasarkan judul yang menarik, ide dan materi yang orisinil, kemudian bahasa penulisan, apakah ada cerita lain dari penulis atau langsu

UN dan Mutu Pendidikan

Akhir semester ini saya dan teman-teman mendapat tugas untuk menuliskan pendapat secara ilmiah tentang Ujian Nasional dan Mutu Pendidikan. Dulu, saya pernah menyebut Ujian Nasional sebagai Dagelan Nasional. Menurut saya, di dunia per-UN-an ada banyak hal yang menggelitik untuk di selidiki. Akan tetapi UN memang sudah menjadi faktor pendorong atau pemaksa untuk meningkatkan waktu belajar. Ini menarik dan harus dimanfaatkan. Saya setuju dengan pendapat bahwa pendidikan karakter sangat penting. Oleh karena itu meningkatnya motivasi dan waktu belajar menjelang Ujian Nasional perlu dimanfaatkan juga untuk pendidikan karakter. Menurut saya sungguh sayang sekali bila tambahan jam belajar menjelang Ujian Nasional hanya melulu pendalaman materi dan latihan soal mata pelajaran Ujian Nasional saja. Pendidikan karakter tidak boleh dilupakan dan harus dikedepankan. Peningkatan perolehan nilai UN perlu diletakkan setelah Pendidikan karakter. Pendidikan karakter atau akhlaq dapat dilakukan melalui ke