12/11/2014

Mensiasati perubahan kurikulum dengan raport digital

Raport model mana yang Anda pakai untuk melaporkan hasil UAS gasal?

Raport KTSP 2006 atau K-13? Bagaimana kalau ternyata sebulan kemudian ada instruksi untuk membuat raport dengan format yang tidak sama dengan pilihan Anda?
Sudah berapa kalikah kurikulum kita berubah? Ya memang begitulah. Katanya kurikulum memang harus terus berkembang. Berdasarkan pengalaman ketika menjadi guru di MI. Irsyaduth Thullab, sebagai akibat dari perubahan kurikulum, format raport (buku laporan hasil belajar siswa) juga berubah-ubah. Hal ini berdampak pada pembengkakan biaya pengadaan buku raport dan peningkatan beban wali kelas atau TU yang bertugas mengerjakan/mengisi buku raport.

Pada saat MTs. Irsyaduth Thullab lahir (tahun pelajaran 2007/2008) format buku raport mengalami perubahan. Informasi dan contoh format serta petunjuk pengisian buku raport yang baru agak simpang siur. Maka saya memilih untuk menggunakan raport dalam bentuk lembaran bukan buku. Format buku raport/laporan hasil belajar siswa kami desain dengan menggunakan komputer, yaitu dengan memanfaatkan program aplikasi pengolah angka (MS. Excel) sesuai format buku raport yang beredar. Pengerjaan raport dengan Ms. Excel ternyata lebih effisien dan efektif. Kita dapat memanfaatkan Formula/rumus untuk menjumlah nilai dan menentukan rata-rata secara otomatis. Bahkan pengisian nilai dalam bentuk tulisan tidak perlu diketik secara manual satu-persatu. Dengan formula Lookup dan acuan atau referensi kita dapat mengerjakan/mengisi buku raport dengan waktu yang lebih cepat bila dibandingkan dengan mengisi buku raport biasa. Format buku raport dalam Ms. Excel ini didesain dengan ukuran kertas F4 sehingga mudah untuk dicetak dengan printer biasa. Kami juga mendesain lembar sampul dan lembar identitas siswa dengan MS. Excel. Setelah ketiga lembar tersebut (lembar sampul, identitas, dan daftar nilai) dicetak dengan printer kami lubangi dengan porporator. Selanjutnya ketiga lembar tersebut dijilid/dijepit dalam busnise file bersampul mika bening. Jadi deh.

Ketika saya mulai mengenal linux, maka saya lebih suka menggunakan file raport yang berfomat ods. Terima kasih kepada pak Latif dari MTs. Al-Mabrur Menco dan pak Munir MI Irsyaduth Thullab Tedunan yang telah berbagi file dan pengetahuan.

Unduh >  Raport digital ktsp 2006
yang ini dari MTs NU RAUM filenya .xlsx raport MTs ktsp 2016 excell
yang ini dari MTs Al-Mabrur Menco filenya .xls raport ktsp 2006 dari MTs Menco
Post a Comment

Yang Sering Dibaca