Langsung ke konten utama

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 MTs



PANDUAN TEKNIS

APLIKASI PENGOLAHAN NILAI

MADRASAH TSANAWIYAH

Oleh:
Tim Pengengembang Aplikasi Pengolahan Nilai
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah danBalai Diklat Keagamaan Semarang
Tahun 2014

  1. RASIONALISASI
Satu perubahan yang krusial dalam penilaian di kurikulum 2013 adalah diperluasnya ranah penilaian. Di kurikulum 2006 yang dulu fokus penilaian hanya berpusat pada aspek kognitif (pengetahuan) saja, kini diperluas merambah pada ranah sikap dan ketrampilan. Teknik pelaporannya juga mengalami perubahan yang mendasar tidak hanya disajikan dalam nilai namun juga perlu dilengkapi dengan deskripsi dari nilai tersebut. Angka tidak bisa berbicara secara detail terhadap kemampuan anak tersebut. Dengan memberikan deskripsi maka bisa diketahui tingkat ketercapaian dan kompetensi mana yang perlu ditingkatkan. Deskripsi dilakukan oleh guru pada ketiga domain tersebut, yaitu deskripsi untuk sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa guru perlu kerja keras dan waktu yang tidak sedikit untuk membuat deskripsi tersebut. Mereka enggan (tidak mungkin – penulis) kalau deskripsi yang bervariasai dari satu siswa ke siswa tersebut dituliskan secara manual. Oleh karena itu mereka sering menanyakan apakah ada aplikasi yang bisa membantu guru dalam membuat deskripsi pada ketiga aspek tersebut.

Oleh karena itu kami pengembang aplikasi pengolahan nilai rapor Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan Balai Diklat Keagamaan Semarang berupaya keras untuk mewujudkan hal tersebut untuk membantu meringankan kerja guru.

Banyak aplikasi yang dikembangkan selama ini menggunakan pemrograman dengan bahasa mesin yang tinggi sehingga guru tidak paham maksudnya. Sehingga hanya menggunakan secara “instant” saja. Aplikasi yang kami kembangkan memiliki tujuan mengedukasi guru, artinya guru tidak hanya diposisikan sebagai obyek pemakai namun diharapkan bisa memodifikasi bahkan membuatnya. Aplikasi ini kami desain dengan memperhatikan ranah pemahaman guru. Sehingga Aplikasi ini bisa ramah dan menjadi teman bagi guru (users friendly) dalam mengatasi kesulitannya.


  1. AlGORITMA APLIKASI PENGOLAHAN RAPOR
Pengolahan nilai ini dimulai dari guru mata pelajaran. Sudah disediakan 3 aplikasi bagi guru mata pelajaran yang berupa template-template, yaitu template pengolahan nilai sikap, template nilai pengetahuan, dan template nilai ketrampilan. Sudah disediakan berbagai template-template mulai template untuk jumlah KD dalam semester sebanyak 3 buah sampai yang ber-KD 20 buah (walau tidak mencapai ini).

Guru memilih template yang bersesuaian dengan jumlah KD yang diajarkan dalam satu semester. Kemudian mengetikan KD-KD, nama siswa, nialai ke sel-sel yang telah disediakan baik untuk nilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Dari proses tersebut guru akan mendapatkan nilai, predikat, dan deskripsi untuk setiap siswa pada mata pelajaran yang diampunya.

Setiap guru mapel, selanjutnya, menyerahkan hasil pengolahannya nilai pada Wali Kelas. Wali kelas melakukan input data dari sejumlah mata pelajaran dengan formula mengambil data dari sheet di luar aplikasinya. Setelah itu mengenerate pakai spin button untuk menghasilkan rapor siswa. Jangan lupa sebelum ini dilakukan Wali kelas hendaknya membuat Deskripsi Sikap Antar Mata Pelajaran untuk masing-masing siswanya berdasarkan merangkum (mencari modus) dari sikap-sikap tiap-tiap mata pelajaran yang diperoleh seorang siswa tersebut.

  1. FITUR APLIKASI UNTUK GURU MAPEL
Aplikasi pengolahan nilai untuk guru mata pelajaran kami menggunakan system template (cetakan). Keuntungan system template adalah aplikasi tidak kaku diketikan untuk sejumlah KD-KD saja, sebab jumlah KD-KD antara satu mapel dengan mapel yang lainnya tidak sama. Keuntungan lainnya adalah KD-KD dalam Permendikbud 57, 58, dan 59 tahun 2014 tidak sedikit yang dituliskan dalam redaksi yang cukup panjang. Karena guru menginput sendiri KD-KD tersebut maka tentunya agar deskripsi di rapor tidak terlalu panjang maka ia bisa memasukkan KD tersebut dengan cara menyederhanakannya (kata-kata kunci saja). Dalam proses penyederhanaan redaksi KD tersebut tentunya antara satu guru dengan lainnya sedikit berbeda. Inilah keuntungan system template tidak memaksakan redaksi penyederhanaan KD.

Template yang kami buat untuk guru mapel terdiri dari template penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Dengan menginput KD, nama siswa dan nilai siswa per-KD maka secra otomatis nilai, predikat, dan deskripsi akan muncul secara otomatis.

Langkah-langkah pemilihan template:
  1. Hitunglah jumlah KD yang Anda ajarkan di semester 1
  2. Misalkan jumlah KD Pengetahuan ada 8, maka cari template pengetahuan MA 8. Artinya disediakan 8 kolom untuk mengetikan KD-KD yang Anda ajarkan di semester itu.
  3. Ketikan KD-KD tersebut
  4. Ketikan atau kopikan nama siswa
  5. Input nilai pengetahuan pada tiap-tiap KD
  6. Sekarang lihat akan muncul rata-rata, nilai dan lengkap dengan deskripsinya. Selamat mencoba!

  1. FITUR APLIKASI UNTUK WALI KELAS
Fitur untuk wali kelas terdiri banyak lembar atau slide yang tercermin di halaman muka (front page) dari aplikasi ini. Berikut adalah front pagenya:

Terdapat sejumlah tombol di menu pembuka aplikasi pengolah ini, yaitu (1) Identitas madrasah dan Guru Mata Pelajaran, (2) Data peserta didik, (3) Cetak Identitas peserta didik, (4) Mata pelajaran, (5) Daftar Hadir, (6) Ekstrakurikuler, (7) Deskripsi sikap antar mapel, (8) Cetak Rapor IPA, (9) Cetak Deskripsi Rapor IPA, (10) Cetak Leger, dan (11) Cetak Ranking

  1. Tombol Identitas Madrasah dan Guru Mata Pelajaran
Klik pada tombol ini akan membawa pengguna masuk ke halaman kerja dimana wali kelas bisa menginput data madrasah, mata pelajaran dan guru pengampunya. Di dalam halaman ini, mata pelajaran sudah di-link (dihubungkan dengan halaman nama siswa, nilai siswa, deskripsi pada mata pelajaran tersebut. Misalkan klik matematika maka akan menuju data penilaian matematika pada seluruh siswa di kelas tersebut. Untuk kembali ke menu utama (halaman muka) maka cukup dengan menekan tombol menu.


  1. Data peserta Didik
Penekanan pada tombol ini akan membawa pengguna masuk ke halaman data peserta didik. Wali kelas bisa menginput data peserta didik misal: nama siswa, alamat siswa, tempat tanggal lahir, nama bapak, dan sebagainya.

  1. Cetak identitas peserta didik
Apabila tombol ini diklik maka pengguna akan menuju identitas keseluruhan persiswa. Dengan menggenerate tombol spin button maka akan muncul bergantian data persiswa. Data ini bisa dicetak sebagai bagian dari rapor yang akan dilaporkan ke orang tua wali.


  1. Tombol Mata Pelajaran
Ketika tombol ini di klik maka akan menuju tombol data mata pelajaran dan guru pengampu. Seluruh mata pelajaran dan guru pengampu ada di halaman ini. Selanjutnya pengguna bisa melanjutkan dengan mengklik mata pelajaran tertentu.

  1. Tombol Daftar Hadir Siswa
Ketika tombol ini diklik maka pengguna akan menuju ke halaman daftar hadir siswa. Di sini wali kelas bisa menginput daftar kehadiran siswa.

  1. Tombol Ekstrakurikuler
Penekanan tombol ini akan membawa pengguna menuju ke halaman ekstrakurikuler. Wali kelas bisa memasukkan data ekstrakurikuler dari masing-masing pengampu.

  1. Tombol Deskripsi sikap antar mapel
Ketika diklik pengguna akan menuju ke lembar deskripsi antar mapel. Di sini wali kelas akan menuliskan DAMP dari deskripsi-deskripsi tiap mata pelajaran pada siswa tertentu.

  1. Tombol Cetak Rapor
Penekanan pada tombol ini akan membawa pengguna ke Rapor siswa. Dengan memutar tombol spin button akan memunculkan rapor siswa. Di halaman ini ada tombol cetak yang telah dihubungkan pada program makro sederhana. Setting halaman pencetakan yang ada pada program macro dapat diedit dengan mudah

  1. Tombol Cetak Deskripsi Rapor
Penekanan tombol ini akan menuju ke halaman deskripsi yang merupakan halam kedua dari rapor.





  1. Tombol Cetak Leger
Semua nilai yang diinput masuk ke dalam leger ini, yang merupakan data base seluru siswa dan seluruh mata pelajaran serta data-data lainnya. Hal ini perlu didokumen untuk akuntabilitas penilaian

  1. Tombol Cetak Ranking
Penekanan tombol ini akan membawa ke lembar yang menginformasi tentang posisi siswa terhadap siswa lainnya (ranking).


  1. PENUTUP
Deberdaymikian panduan sederhana ini, semoga bermanfaat untuk guru mata pelajaran dan wali kelas. Aplikasi ini banyak kekurangannya, oleh karena itu saran yang membangun sangat saya nantikan agar aplikasi lebih berdkeytraya guna dan menjadi teman bagi guru dalam mengolah nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan. Saran dapat disampaikan ke e-mail: teddy_mutadi@yahoo.com
==================================================================
mau hosting gratis?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKOKOHLAH BAHTERAMU

🌹Ramadhan ke-7 PERKOKOHLAH BAHTERAMU, KARENA SAMUDRA ITU DALAM 🍃🌾Rasulullah pernah berpesan pada Abu Dzar tentang tiga hal. Kata Rasul, “Wahai Abu Dzar, perkokohlah bahteramu, karena samudra itu dalam. Perbanyaklah bekalmu karena perjalanan itu panjang. Ikhlaskanlah amalmu, karena pengintaimu sangat jeli.” ⛵️⛵️Pertama, perkokohlah bahteramu karena samudra itu dalam. Dalamnya samudra itu mengandung resiko. Jika tenggelam, kita bisa mati. Samudra yang dalam itu juga penuh rahasia. Kita tidak pernah tahu ada apa saja di dalamnya. Karang yang besar atau ikan yang buas, sewaktu-waktu bisa mencelakai kita. Karena itu, pengarung samudra yang dalam memerlukan bahtera yang kuat, yang bisa melindungi penumpangnya dari resiko tersebut. ⛵️⛵️Inilah analogi hidup manusia. Hidup manusia di dunia ibarat hidup di tengah samudra yang dalam tersebut. Mempersiapkan bahtera yang kuat berarti mempersiapkan segala hal yang bisa membuatnya bertahan dan mudah mencapai tujuan hidupnya, yaitu akhirat. Tan
Minggu 1 Agustus  2004 yuli dah pergi dan aku merasa belum memberinya apa-apa.  sayang kami tidak akan pernah bertemu lagi. Aku hanya ada satu kemungkinan untuk bertemu dengan kembarannya... aku harus menunggu setahun lagi. padahal bisa saja besok pagi aku mati. Kau tahu semakin banyak kendaraan yang melaju dengan cepat di jalan. setiap kali menyebrang jalan maka aku harus bersiap untuk masuk ke duani kematuian. Kau juga tahu semakin banyak pisau yang diasah untuk melukai dan membunuh orang lain dengan berbagai tujuan....kau lihat tubuhku.... kurus, trinkih... sebuah sasaran yang mudah ditaklukan hanya dengan pelototan mata yang menyeramkan... bisa saja saat aku menyapamu tiba-tiba ada peluru nyasar yang bisa membunuhku seketika... yang pasti aku tidak bisa melawan serangan-serangan kematian itu. Dari pada aku ketakutan dan tidak berani kemanan-mana maka mau ngagka mau aku harus membunuh rasa takut itu... sembunyi se aman apapun tidak akan memberikan jaminan keselamatan dari i

Jangan Marah, Ya!

Jangan Marah, Ya! Sebuah Naskah Pidato Singkat untuk siswa MI Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Pertama, Marilah kita berterima kasih kepada Allah Yaitu dengan membaca Hamdalah. Alhamdu.....lillah. Terima kasih Ya. A....llah. Telah kau beri kami A....kal. Sehingga kami dapat bela...jar. Bukan kurang a... jar. Alhamdu....lillah. Kedua, Mari kita membaca sholawat. Allahumma Sholli Ala Muhammad! Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Siapakah yang ingin masuk surga? Ya. Kita semua, pasti, ingin masuk surga. LA TAGHDHOB WALAKAL JANNAH Janganlah marah, maka kamu akan masuk sur...ga. Orang yang ingin masuk surga, maka dia tidak boleh ma..... rah. Walaupun tidak naik kelas, tidak boleh ma.... rah Walaupun tidak dibelikan seragam baru tidak boleh ma.... rah Walaupu